skip to Main Content

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI SURVEY IKM 2018

A. KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisis data terhadap data penelitian ini, disimpulkan bahwa INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PENGGUNA LAYANAN PENGADILAN DI PENGADILAN NEGERI SUNGAILIAT KELAS IB SEBESAR 89.72 DAN BERADA PADA KATEGORI SANGAT BAIK. Adapun kesimpulan pada masing-masing ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Persyaratan Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB berada pada kategori SANGAT BAIK
  2. Prosedur Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB berada pada kategori BAIK
  3. Biaya/Tarif pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK
  4. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK
  5. Kompetensi Pelaksana Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori SANGAT BAIK
  6. Perilaku Pelaksana Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori SANGAT BAIK
  7. Waktu pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK
  8. Maklumat Pelayanan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK
  9. Prasarana, sarana dan kelengkapan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK
  10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB pada kategori BAIK

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan pengadilan di Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB, berdasarkan peringkat ruang lingkupnya, diperoleh kepuasan responden paling tinggi berada pada ruang lingkup Perilaku pelaksana, Kompetensi Pelaksana, Persyaratan, kemudian disusul biaya/tariff, produk spesifikasi jenis pelayanan, waktu pelayanan, Prosedur, Prasarana, sarana dan kelengkapan, maklumat pelayanan, Penanganan pengaduan saran dan masukan.

B. REKOMENDASI

Kepada jajaran manajemen dan seluruh pegawai di Pengadilan Negeri Kelas IB Sungailiat, hendaknya meningkatkan pelayanannya karena berdasarkan hasil survey hanya ruang lingkup no. urut 7 yaitu perilaku pelaksana berada pada posisi kategori tertinggi ”Sangat Baik” di peringkat 1, sedangkan ruang lingkup lainnya sudah berada pada kategori ”Baik”, untuk itu kedepannya perlu ditingkatkan lagi.

Adapun rekomendasi yang didasarkan atas saran-saran yang diberikan responden, sebagai berikut:

1. Untuk Hakim dan Panitera Pengganti :

  • – Jam Penundaan sidang
  • – Keringanan Hukuman

2. Untuk Bagian Umum dan Keuangan :

  • – Disediakan TV dan air minum
  • – Ruang Tunggu mohon diperbesar

3. Untuk Bagian Perdata :

  • – Mohon bimbingan untuk permohonan karena tidak semua pemohon mengerti aturan dan birokasi.

4. Untuk Bagian Hukum :

  • – Perbaikan layanan pengaduan, sarana dan masukan.

5. Untuk bagian Pidana :

  • – Untuk lebih mengawasi dan menjaga kekondusifan ruang sidang
  • Petugas harus lebih ramah
Back To Top